Bumi Benar Benar Datar Menurut Bible

Para penganut agama pagan rupanya benar benar kesulitan untuk memahami apa yang termaktub didalam kitab mereka, mereka benar benar malu akan kenyataan yang ada dan mencoba menyanggah apa yang ada didepan mata mereka sendiri dan apa yang ada didalam bible bahwa bumi benar benar datar.

Banyaknya ayat yang memberikan sinyal-sinyal yang kuat didalam bible yang menyatakan bumi itu datar benar benar jelas sejelas matahari disiang hari dan hanya tidak bisa dilihat oleh orang orang buta, ataupun orang gila yang tidak bisa membedakan bulan dan matahari, berikut adalah ayat ayat tersebut:

P. Lama: Yesaya: 11

11:12 And he shall set up an ensign for the nations, and shall assemble the outcasts of Israel, and gather together the dispersed of Judah from the four corners of the earth.

P. Baru: Revelation: 7

7:1 And after these things I saw four angels standing on the four corners of the earth, holding the four winds of the earth, that the wind should not blow on the earth, nor on the sea, nor on any tree.

Bible jelas jelas mengatakan bahwa bumi mempunyai empat sudut, sekarang kami bertanya kepada para penganut pagan itu benda apa yang memiliki empat sudut ?, apakah benda bulat memiliki empat sudut ?, anak tingkatan sekolah dasarpun tahu bahwa hanya persegi empat yang memiliki empat sudut, jadi bagaimana mungkin mengklaim bahwa bumi bulat sementara di bible sendiri dikatakan bumi mempunyai empat sudut. Apakah penganut pagan Indonesia hanya diam saja mengetahui hal ini, tentu saja tidak, mereka menggiring terjemahan bible indonesia menjadi penjuru, corners yang diterjemahkan menjadi penjuru terjemahan ini tentu sangat manipulatif sebab setidaknya saya membandingkan tiga buah kamus dan mencari arti kata corner didalam bahasa indonesia, yaitu program terjemahan linguist, kamus cerdas inggris indonesia karya ahmad mulyan dkk terbitan m2s bandung, kamus lengkap inggris indonesia Prof. Drs. S. Wojowasito, terbitan Hasta tidak ada satupun yang memakai kata “penjuru” didalam mengartikan kata “corner”

P. Lama: Yesaya: 11

11:12 Ia akan menaikkan suatu panji-panji bagi bangsa-bangsa, akan mengumpulkan orang-orang Israel yang terbuang, dan akan menghimpunkan orang-orang Yehuda yang terserak dari keempat penjuru bumi.

P. Baru: Wahyu: 7

7:1. Kemudian dari pada itu aku melihat empat malaikat berdiri pada keempat penjuru bumi dan mereka menahan keempat angin bumi, supaya jangan ada angin bertiup di darat, atau di laut atau di pohon-pohon.

Bahkan beberapa ayat menegaskan bahwa bumi mempunyai ujung mempunyai bagian akhir dari daratan

P. Lama: Ayub: 38

38:13 untuk memegang ujung-ujung bumi, sehingga orang-orang fasik dikebaskan dari padanya?

P. Lama: Ayub: 38

38:13 That it might take hold of the ends of the earth, that the wicked might be shaken out of it?

P. Lama: Yeremia: 16

16:19 O LORD, my strength, and my fortress, and my refuge in the day of affliction, the Gentiles shall come unto thee from the ends of the earth, and shall say, Surely our fathers have inherited lies, vanity, and things wherein there is no profit.

P. Lama: Yeremia: 16

16:19 Ya TUHAN, kekuatanku dan bentengku, tempat pelarianku pada hari kesesakan! Kepada-Mu akan datang bangsa-bangsa dari ujung bumi serta berkata: "Sungguh, nenek moyang kami hanya memiliki dewa penipu, dewa kesia-siaan yang satupun tiada berguna.

Jadi jelas sekali Bible dengan tegas mengatakan bahwa bumi berbentuk segi empat atau dengan kata lain berbentuk datar

Fakta lain dari Bible yang dengan tegas dan jelas mengatakan bahwa bumi itu datar adalah bahwa bible mengatakan bahwa pada ketinggian tertentu seseorang dapat dilihat oleh seluruh dunia

Perjanjian Lama : Daniel

4:10 Ketika aku sedang tidur, kulihat sebuah pohon yang tumbuh di tengah-tengah bumi. 4:11 Pohon itu sangat tinggi; batangnya besar dan kuat. Puncaknya sampai ke langit, sehingga dapat dilihat oleh semua orang di bumi.

4:20 Pohon yang Tuanku lihat itu begitu tinggi, sehingga puncaknya sampai ke langit, dan dapat dilihat oleh semua orang di bumi.

Perjanjian Baru : Matius 4:8

Dan Iblis membawanya ke puncak gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepadanya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya

Tentu saja kita harus bertanya kepada kaum pagan diseluruh dunia apakah bila bumi bulat hal tersebut akan terjadi ?, tentu saja hanya orang yang bodoh yang menyatakan bahwa hal yang disebutkan didalam bible itu mungkin saja terjadi, sebab peristiwa seseorang dapat dilihat oleh seluruh penduduk bumi hanya dapat terjadi jika bumi berbentuk datar hal ini adalah kesalahan fatal bible

Untuk menutupi kebodohan Bible kaum pagan tentu saja tidak tinggal diam mereka mengajukan ayat lain dari Yeyasa yang mereka klaim merupakan bukti bahwa bumi itu bulat

P. Lama: Yesaya: 40

40:22 Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman!

P. Lama: Yesaya: 40

40:22 It is he that sitteth upon the circle of the earth, and the inhabitants thereof are as grasshoppers; that stretcheth out the heavens as a curtain, and spreadeth them out as a tent to dwell in

Tentu saja terjemahan ini merupakan terjemahan yang salah dan manipulatif sebab Bible versi NAB (New American Bible) dan GNB (the Good News Bible) dengan tepat menterjemahkan kata circle dengan vault atau kubah

"He sits enthroned above the vault of the earth, and its inhabitants are like grasshoppers; he stretches out the heavens like a veil, and spreads them out like a tent to dwell in."(Yeyasa 40:22 versi NAB dan GNB)

“Dia yang bertahta diatas kubah bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman!”

(Yeyasa 40:22 versi NAB dan GNB)

tentu saja kita tidak dapat memaksa para penganut pagan yang memakai KJV atau NKJV untuk mengganti keyakinannya didalam perubahan kata “Circle” dan “Vault”, tapi sepatutnya kaum pagan melihat kembali sejarah hitam mereka dimasa lalu yang berpegang teguh terhadap kebodohan atau bisa dikatakan bentuk kebodohan yang orisinal dari kaum penganut pagan itu sendiri.

Lacantius salah satu penganut pagan yang orisinal (berikut kebodohannya) mengatakan bahwa bumi itu datar berdasarkan Bible sebagaimana digambarkan didalam buku Man and the Cosmos :

Lacantius (A.D. 240 ca.- 320), menulis kesalahan pemikiran dari para filosof, dan mentertawakan kepercayaan bahwa bumi itu bulat. Argumennya adalah bagaimana mungkin seseorang dapat berjalan terbalik dan tempat dimana hujan dan salju jatuh berada diatas, kemudian dia , mengutip Yeyasa 40:22 Dia yang bertakhta di atas kubah bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman! (hal. 64-65).

Pertanyaannya adalah bagaimana mungkin ayat yang mengatakan bumi itu bulat pada saat yang sama juga menjadi bahan argumen untuk membantah bahwa bumi itu bulat ?, jawabannya adalah justru Lacantius lebih memahami maksud ayat diatas sebab dia mewakili pemikiran orisinal dari penganut pagan tanpa terdistorsi oleh pemahaman yang kemudian membuktikan bahwa bumi itu bulat. Kedua Lacantius lebih memahami bahwa yang dimaksud oleh Yeyasa diatas adalah kubah bumi sehingga dia mengatakan bahwa tidak mungkin tempat dimana tempat salju jatuh justru berada diatas dan tempat dimana tempat dimana salju dan hujan keluar berada diatas, inilah pemahaman yang benar dari Bible yang benar dengan segala kebodohannya.

Tapi dengan dua argumen diatas tentu saja kaum pagan ini tetap saja akan menolak dengan keras maksud ayat Yeyasa diatas dan mereka lagi lagi akan merujuk kepada bible versi king james version tapi baiiklah mari kita lihat ayat ini sekali lagi dengan jelas dan jernih

P. Lama: Yesaya: 40

40:22 Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman!

Pertama kita harus sama-sama setuju bahwa kubah memang berbentuk bundar atau lingkaran, kedua tentu saja yang dimaksud bulatan disini adalah langit bukan bumi sebagai suatu benda yang berbentuk lingkaran, tentu saja kaum pagan akan menolak pendapat ini, akan tetapi akhirnya kita harus bertanya kepada kaum pagan yang tetap tidak mau mengakui kebodohan kitabnya apa maksud kalimat “Membentangkan langit dan memasangnya seperti kemah kediaman”, tentu saja jelas sekali maksud ayat ini adalah Tuhan membentangkan langit seperti tenda atau kemah, bagaimana bentuk kemah ?, tentu saja kita dapat berdebat bentuk kemah tidak selalu bulat tapi kita tentu saja sepakat bahwa dibawah tenda selalu datar, bisakah tenda disematkan atau didirikan pada sesuatu yang berbentuk bulat ?, tentu saja hanya orang yang mempunyai logika paspasan mengatakan hal itu mungkin saja terjadi, jadi tidak terbantahkan bahwa bumi memang benar benar datar menurut Bible dan semakin di jelaskan dengan ayat didalam Yeyasa 40:22 bukan membantahnya.

Sekali lagi kaum pagan harus menelan kekecewaan dan dipermalukan toh jika mereka konsisten mengatakan bumi itu bulat seharusnya mereka menghapus Yesaya: 11, Wahyu: 7, Ayub: 38, Yeremia: 16, Daniel 10,11,20, Matius 4:8 bahkan Yeyasa 40:22 yang dengan jelas dan tegas mengatakan bahwa bumi itu datar, sebab Firman Tuhan tidak mungkin salah dan hanya buatan manusia yang salah terutama manusia bodoh yang ingin memanipulasi firman tuhan, dan bukankah kaum pagan sudah terbiasa mengurangi atau menghapus suatu ayat ?.

Apabila dikatakan kepada mereka: "Berimanlah kamu sebagaimana orang-orang lain telah beriman", mereka menjawab: "Akan berimankah kami sebagaimana orang-orang yang bodoh itu telah beriman?" Ingatlah, sesungguhnya merekalah orang-orang yang bodoh, tetapi mereka tidak tahu. ( 2:13 )





Wallahu A’lam Bishowab

15 Comments:

  1. Makalah Hidup said...
    lu bego ATO APA??
    Satria piningit said...
    ALKITAB YESAYA 40 12-31
    Satria Piningit Atas Nama Allah
    *40:20 Orang yang mendirikan arca, memilih kayu yang tidak lekas busuk, mencari tukang yang ahli untuk menegakkan patung yang tidak lekas goyang.
    *40:19 Patungkah? Tukang besi menuangnya, dan pandai emas melapisinya dengan emas, membuat rantai-rantai perak untuknya.
    *40:17 Segala bangsa seperti tidak ada di hadapan TUHAN mereka dianggap hampa dan sia-sia saja.
    *40:15 Sesungguhnya, bangsa adalah seperti setitik air dalam timba dan dianggap seperti sebutir debu pada neraca. Sesungguhnya, pulau tidak lebih dari abu halus beratnya.
    *40:24 Baru saja mereka ditanam, baru saja mereka ditaburkan, baru saja cangkok mereka berakar di dalam tanah, sudah juga angin bertiup kepada mereka, sehingga mereka kering dan diterbangkan oleh badai seperti jerami.
    *40:12 Siapa yang menakar air laut dengan lekuk tangan dan mengukur langit dengan jengkal, menyukat debu tanah dengan takaran, menimbang gunung dengan dacing, atau bukit dengan neraca?
    *40:27 Mengapakah engkau berkata demikian hai manusia, dan berkata begini hai Indonesia,:" Hidupku tersembunyi dari TUHAN, dan hakku tidak diperhatikan Allahku?"
    *40:16 Indonesia tidak mencukupi bagi kayu api dan margasatwanya tidak mencukupi bagi korban bakaran.
    *40:28 Tidakkah kau tahu, dan tidakkah kau dengar? Allah ialah TUHAN kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung;
    *40:21 Tidakkah kamu tahu? Tidakkah kamu dengar? Tidakkah diberitahukan kepadamu dari semula? Tidakkah kamu mengerti dari sejak dasar bumi diletakkan?
    *40:14 Kepada siapa Satria Piningit meminta nasihat untuk mendapat pengertian, dan siapa yang mengajar Satria Piningit untuk menjalankan keadilan, atau siapa mengajar Satria Piningit pengetahuan dan memberi Satria Piningit petunjuk supaya Satria Piningit bertindak dengan pengertian?
    *40:13 Siapa yang dapat mengatur Roh TUHAN atau memberi petunjuk kepada Satria Piningit sebagai penasihat?
    *40:18 Jadi dengan siapa hendak kamu samakan Allah, dan siapa yang dapat kamu anggap serupa dengan Satria Piningit?
    *40:25 Dengan siapa hendak kamu samakan Satria Piningit, seakan Satria Piningit seperti firman TUHAN Yang Mahakudus.
    *40:22 Satria Piningit yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; TUHAN yang membentangkan langit seperti kain dan Satria Piningit memasang seperti kemah kediaman!
    *40:23 Satria Piningit yang membuat pembesar menjadi tidak ada dan yang menjadikan hakim dunia sia-sia saja!
    -40:26 Arahkanlah mata ke langit dan lihatlah: siapa yang menciptakan semua bintang itu dan suruh segenap tentara mereka keluar, sambil memanggil nama mereka sekalian? Satupun tiada yang tak hadir, oleh sebab TUHAN maha kuasa dan maha kuat.
    *40:28 Satria Piningit tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu, tidak terduga pengertian Satria Piningit.
    *40:30 Orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung,
    *40:29 Satria Piningit memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya
    -40:31 tetapi orang yang menantikan Satria Piningit mendapat kekuatan baru mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayap; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, berjalan dan tidak menjadi lelah.
    Satria piningit said...
    ALKITAB YESAYA 40 1-11
    Berita Kelepasan
    *40:1 "Hiburkanlah, hiburkanlah umat-Ku," demikian firman Allahmu,
    *40:2 tenangkanlah hati Indonesia dan serukanlah kepadanya, bahwa perhambaan sudah berakhir, bahwa kesalahan Indonesia telah diampuni, sebab telah menerima hukuman dari tangan TUHAN dua kali lipat karena segala dosa
    *40:3 Ada suara yang berseru-seru:" Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk Satria Piningit, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Satria Piningit kita!
    *40:5 maka kemuliaan Satria Piningit dinyatakan dan seluruh umat manusia melihat bersama-sama; sungguh, TUHAN sendiri telah mengatakan "
    *40:6 Ada suara yang berkata:" Berserulah!" Jawabku:" Apakah yang harus kuserukan?" "Seluruh umat manusia adalah seperti rumput dan semua semarak seperti bunga di padang
    -40:7 Sesungguhnya bangsa ini seperti rumput. Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, apabila Satria Piningit menghembus dengan nafas TUHAN.
    -40:8 Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi firman Allah tetap untuk selamanya"
    *40:9 Hai Indonesia, pembawa kabar baik, naiklah ke atas gunung yang tinggi! Hai Indonesia, pembawa kabar baik, nyaringkanlah suaramu kuat-kuat, nyaringkanlah suaramu, jangan takut! Katakanlah kepada kota-kota:" Lihat, itu Satria Piningit tangan Tuhan Allahmu! "
    *40:10 Lihat, itu Satria Piningit, Satria Piningit datang dengan kekuatan dan dengan tangan Tuhan ALLAH. Satria Piningit berkuasa.Lihat, mereka yang menjadi upah jerih payah ada bersama Satria Piningit, dan mereka yang diperoleh berjalan di hadapan Satria Piningit.
    *40:4 Setiap lembah harus ditutup, dan setiap gunung dan bukit diratakan; tanah yang berbukit harus menjadi tanah rata, dan tanah yang berlekuk-lekuk menjadi dataran;
    Unknown said...
    Alkitab yang ditulis jauh sebelum era menulis bahwa bumi ini bulat.

    * Yesaya 40:22
    LAI TB, Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman!
    KJV, It is he that sitteth upon the circle of the earth, and the inhabitants thereof are as grasshoppers; that stretcheth out the heavens as a curtain, and spreadeth them out as a tent to dwell in:
    Septuaginta, ο κατεχων τον γυρον της γης και οι ενοικουντες εν αυτη ως ακριδες ο στησας ως καμαραν τον ουρανον και διατεινας ως σκηνην κατοικειν
    Translit, , HO KATEKHÔN TON GURON TES GÊS KAI HOI ENOIKOUNTES EN AUTÊ HÔS AKRIDES HO STESAS HOS KAMARAN TON OURANON KAI DIATEINAS HÔS SKENÊN KATOIKEIN
    Latin Vulgata, qui sedet super gyrum terrae et habitatores eius sunt quasi lucustae qui extendit velut nihilum caelos et expandit eos sicut tabernaculum ad inhabitandum
    Hebrew,
    הַיֹּשֵׁב עַל־חוּג הָאָרֶץ וְיֹשְׁבֶיהָ כַּחֲגָבִים הַנֹּוטֶה כַדֹּק שָׁמַיִם וַיִּמְתָּחֵם כָּאֹהֶל לָשָׁבֶת׃
    Translit, HAYOSYEV 'AL-KHUG HA'ARETS VEYOSYEVEYHA KAKHAGAVIM HANOTEH KHADOQ SYAMAYIM VAYIMTAKHÊM KA'OHEL LASYAVET



    kata Ibrani חוג - KHUG, khet - vav – gimel, bermakna lingkaran, bulatan, atau apa saja yang bulat dan tidak memiliki sudut. Dalam bahasa Inggris diterjemahkan dengan circle, circuit, compass. Asal katanya adalah kata kerja dengan kata yang sama ( חוג - KHUG) yang berarti melingkari, mengelilingi, menggambarkan suatu bulatan. Menurut Gesenius's Lexicon kata ini bermakna a circle, sphere.

    Septuaginta menerjemahkan kata Ibrani חוג - KHUG dengan γυρος - GUROS. Kata inilah yang diserap menjadi kata "GYRO" dalam bahasa Inggris. Pagninus menerjemahkan kata ini dalam bahasa Latin dengan "super sphaeram, sphere" : (bola/globe) yang super. Montanus Vatablus menerjemahkannya dengan "globum". Sedangkan Vitringa menerjemahkannya dengan "super orbem telluris", semuanya merujuk kepada bulat seperti bola.

    Gereja (baca: Gereja Roma Katolik) "tempo doeloe" menganggap bumi ini datar karena ada ungkapan tentang ujung bumi namun sepertinya mereka dulu tidak menyadari bahwa "ujung bumi" itu bermakna alegoris. Barangkali waktu itu mereka "belum" menyelidiki Alkitab Vulgata yang menulis "qui sedet super gyrum terrae".
    Senyumz said...
    Jangan mengartikan semua kitab suci di dunia ini secara literal seluruhnya. Jika kitab suci bisa diartikan secara literal 100%, itu namanya novel. Hehehe.
    Agama adalah kepercayaan, sesuatu yg kita percaya tanpa harus ada bukti. Mari kita bedakan pola berfikir dalam belajar agama dan science. Pengetahuan jaman dulu kan ga secanggih sekarang.
    Tambahan info: alkitab itu merupakan tulisan manusia-manusia filsafat yg dipercaya sbg perpanjangan Tuhan, bukan kitab yg turun dari langit secara tiba2. Hal ini krn sejauh2nya pesawat antariksa naik ke atas ga nemu namanya surga kalau ga mati. Hehehe. Peace ^_^¥
    Unknown said...
    4 Penjuru bumi itu ialah utara,timur,selatan dan barat bukan persegi
    Zahid Hamidi said...
    Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...






    akn denom said...
    Yang Komen Pada Asal nyerocos, nggak ditengok dulu seluruh isi postingannya. aslinya sudut terus diubah jadi penjuru, njir
    aslinya lingkaran terus diubah jadi bulatan. umat kristen korban terjemahan

    -_-
    Unknown said...
    Jawaban cerdas
    Unknown said...
    Ini jawaban super. Otak penulisnya hanya berdasarkan logika pengetahuan, padahal Alkitab tdk demikian.
    Unknown said...
    Sehat?
    Unknown said...
    Baru belajar menulis ya. Wkwkwkk
    Unknown said...
    Baru belajar menulis ya. Wkwkwkk
    Unknown said...
    Sehat?
    Unknown said...
    Alkitab yang ditulis jauh sebelum era menulis bahwa bumi ini bulat.

    * Yesaya 40:22
    LAI TB, Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman!
    KJV, It is he that sitteth upon the circle of the earth, and the inhabitants thereof are as grasshoppers; that stretcheth out the heavens as a curtain, and spreadeth them out as a tent to dwell in:
    Septuaginta, ο κατεχων τον γυρον της γης και οι ενοικουντες εν αυτη ως ακριδες ο στησας ως καμαραν τον ουρανον και διατεινας ως σκηνην κατοικειν
    Translit, , HO KATEKHÔN TON GURON TES GÊS KAI HOI ENOIKOUNTES EN AUTÊ HÔS AKRIDES HO STESAS HOS KAMARAN TON OURANON KAI DIATEINAS HÔS SKENÊN KATOIKEIN
    Latin Vulgata, qui sedet super gyrum terrae et habitatores eius sunt quasi lucustae qui extendit velut nihilum caelos et expandit eos sicut tabernaculum ad inhabitandum
    Hebrew,
    הַיֹּשֵׁב עַל־חוּג הָאָרֶץ וְיֹשְׁבֶיהָ כַּחֲגָבִים הַנֹּוטֶה כַדֹּק שָׁמַיִם וַיִּמְתָּחֵם כָּאֹהֶל לָשָׁבֶת׃
    Translit, HAYOSYEV 'AL-KHUG HA'ARETS VEYOSYEVEYHA KAKHAGAVIM HANOTEH KHADOQ SYAMAYIM VAYIMTAKHÊM KA'OHEL LASYAVET



    kata Ibrani חוג - KHUG, khet - vav – gimel, bermakna lingkaran, bulatan, atau apa saja yang bulat dan tidak memiliki sudut. Dalam bahasa Inggris diterjemahkan dengan circle, circuit, compass. Asal katanya adalah kata kerja dengan kata yang sama ( חוג - KHUG) yang berarti melingkari, mengelilingi, menggambarkan suatu bulatan. Menurut Gesenius's Lexicon kata ini bermakna a circle, sphere.

    Septuaginta menerjemahkan kata Ibrani חוג - KHUG dengan γυρος - GUROS. Kata inilah yang diserap menjadi kata "GYRO" dalam bahasa Inggris. Pagninus menerjemahkan kata ini dalam bahasa Latin dengan "super sphaeram, sphere" : (bola/globe) yang super. Montanus Vatablus menerjemahkannya dengan "globum". Sedangkan Vitringa menerjemahkannya dengan "super orbem telluris", semuanya merujuk kepada bulat seperti bola.

    Gereja (baca: Gereja Roma Katolik) "tempo doeloe" menganggap bumi ini datar karena ada ungkapan tentang ujung bumi namun sepertinya mereka dulu tidak menyadari bahwa "ujung bumi" itu bermakna alegoris. Barangkali waktu itu mereka "belum" menyelidiki Alkitab Vulgata yang menulis "qui sedet super gyrum terrae".

Post a Comment



Newer Post Older Post Home